PENERJUNAN program sosial kemanusiaan atau soskam berbagi makanan siap santap berupa nasi bungkus komplit yang diprakarsai ketua satgas covid19 DPR Sufmi Dasco ternyata memberi implikasi sangat positif bagi pergerakan kelompok-kelompok peduli lainnya di masyarakat.

pembagian nasi bungkus gratis tersebut telah membuat antusiasme beberapa kelompok atau aktifis keagamaan untuk ikut serta berbuat kepedulian yang sama. Di bawah koordinasi satgas covid19 DPR terjalin kerjasama agar tidak tumpang tindih dalam penyaluran di wilayah masing-masing.

Yang membanggakan adalah kegiatan ini menyatukan lintas agama dan lintas golongan. Bak gayung bersambut beberapa pengurus Mesjid, Gereja, Vihara dan Kelenteng serta Pura sudah menyatakan kesiapannya.

Bahkan minggu kemarin diprakarsai oleh Indrayadi, mantan aktivis yang telah sukses sebagai pengusaha, bergerak bersama Gereja di Bekasi telah berhasil menularkan misi satgas Covid19 ini.

Begitu pula dengan vihara di mangga besar sebelas yang telah empat kali berbagi. Dalam pekan depan menyusul oleh pengurus Mesjid di wilayah Glodok Jakarta Barat dan Pura Hindu di Jakarta Timur serta kelenteng dibilangan Kebayoran Lama.

Dilihat dari kurva waktunya, penularan soskam ini termasuk cepat dalam menyentuh partisipasi penggiat lingkungan di wilayah masing-masing. Semua ini tidak terlepas dari peran aktif komunikasi yang dibangun Sufmi Dasco ke berbagai pihak. Tidak salah DPR memilihnya sebagai ketua Satgas Covid19, karena Dasco terbukti mampu menularkan empatinya dengan lugas dan rendah hati.. [ADIAN RADIATU]

Penulis adalah pemerhati masalah perkotaan

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here