Hebat! Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) menjadi Stadion Terfavorit di Asia Tenggara-Australia. Lapangan olahraga kebanggan Bangsa Indonesia ini dinobatkan sebagai stadion terfavorit berdasar jajak pendapat di situs resmi Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Dilansir JPNN.Com, Sabtu (9/5/2020), SUGBK bersaing dengan empat stadion lainnya di zona ASEAN Football Federation (AFF), yakni Stadion Bukit Jalil (Malaysia), Stadion Nasional Australia (Sydney), Stadion My Dinh (Vietnam), serta Stadion Rajamangala (Thailand). Setelah AFC menggelar voting selama beberapa hari, SUGBK mendapatkan suara terbanyak dibandingkan stadion-stadion lainnya.

Ada 58 persen responden jajak pendapat yang memberikan suara mereka untuk SUGBK. Di posisi kedua ada Bukit Jalil dengan 19 persen.

Selanjutnya adalah Stadion Nasional Australia di posisi ketiga dengan 11 persen. Dua stadion lainnya adalah Rajamangala (8 persen), dan My Dinh (4 persen).

Laman AFC pun menarasikan kemegahan SUGBK sebagai stadion dengan tribun bertingkat yang terbagi menjadi 24 sektor. Menurut AFC, SUGBK memiliki fitur khusus, yakni atap baja megah yang membentuk cincin besar yang dikenal sebagai temu gelang.

“Biasanya digunakan untuk sepak bola, tempat ini juga menggelar acara olahraga dan musik lainnya konser serta acara keagamaan dan politik skala besar,” tulis laman AFC.

Organisasi yang bermarkas di Kuala Lumpur itu berencana menggelar survei serupa di kawasan asia lainnya seperti Asia Selatan dan Timur Tengah.[ida]

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here