FKS Sehat Gelar Rapid Test Massal Gratis di Terminal Kargo Soekarno-Hatta

PT Fokus Keluarga Sehat (FKS Sehat) kembali mengadakan rapid test massal gratis di lingkungan Terminal Kargo Bandara Internasional Soekarno Hatta pada Kamis, 30 April 2020.


"Ini merupakan kali kedua, setelah sebelumnya tes massal yang pertama digelar pada 9 April 2020 yang lalu," kata Yanuar Samron, Direktur FKS Sehat.

Rapid-test dengan menggunakan alat Vazyme ini diikuti oleh hingga 300 petugas bea cukai, imigrasi Angkasa Pura 2 Cargo, Gudang Gapura, Garuda Indonesia Kargo, Perusahaan Pengurusan Jasa Kepabeanan (PPJK), AVSEC, dan petugas-petugas lainnya di lingkup terminal kargo Soekarno-Hatta yang tetap beroperasi penuh selama masa gawat darurat kesehatan masyarakat akibat pandemik COVID-19 ini.

Menurut dia, petugas-petugas yang bekerja di terminal kargo Soekarno-Hatta ini adalah garda depan dalam memastikan kelancaran arus masuk alat-alat medis yang diimpor dari luar negeri.

Mereka terus bekerja keras sebagai upaya bersama mengatasi dampak penyebaran virus
yang lebih luas lagi. Namun, mereka juga rentan terpapar karena lini tugas yang dijalankan. Oleh karenanya, kami mengutamakan test massal kepada para petugas-petugas di lingkup terminal kargo sini, karena ini menjadi usaha penting dalam upaya pemutusan rantai penyebaran COVID-19 ini.

Alat-alat medis yang masuk dari sini akan segera dikirimkan ke rumah sakit-rumah sakit ataupun fasilitas kesehatan lainnya. Sehingga penting untuk memastikan bahwa semaksimal mungkin kontaminasi virus dapat dicegah,” ujar Yanuar.

FKS Sehat menjadi yang pertama mengadakan rapid test bagi pegawai di lingkungan terminal kargo Soekarno-Hatta, dan langkah ini disambut baik oleh Angkasa Pura Kargo.

“Kami bersyukur sekali dan berterima kasih kepada FKS Sehat telah memberikan kesempatan melakukan rapid test kepada para pegawai kami serta petugas lainnya di lingkup terminal kargo. Terlebih ini sudah kali kedua diadakan, di mana untuk test seperti ini memang sebaiknya dilakukan secara reguler," katanya.

Pihaknya menilai tes cepat seperti ini menjadi krusial terutama bagi yang menjadi gerbang utama masuknya barang-barang dari negara-negara lain, termasuk APD, obat-obatan, test kit dan sebagainya,” ujar Ade Yolando Sudirman, General Manager Logistik dan Distribusi Angkasa Pura Kargo.

FKS Sehat menggunakan Vazyme Rapid Test COVID-19 yang telah mendapatkan lisensi the United States Food and Drug Administration (US FDA), lembaga pengawas makanan dan obat-obatan Amerika Serikat (dengan merek dagang Biolidics), melalui Emergency Use Authorization (EUA).

Selain itu, Vazyme juga berlisensi National Medical Product Administration (NMPA), badan pengawas produk medis dan obat-obatan Tiongkok; Health Sciences Authority (HSA), regulator produk kesehatan, bank darah, dan alat medis Singapura.[ida]