Surat Kim Jong Un Dapat Sambutan Hangat Al Assad

Seiring kabar kemunculan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dalam pembukaan sebuah pabrik pupuk fosfat pada Jumat lalu, diketahui bahwa Kim juga telah mendapatkan surat balasan dari Presiden Suriah Bashar Al-Assad.


Kantor berita resmi Korea (KCNA) melaporkan, pesan itu diterima Kim pada hari Selasa, di mana Al Assad menyampaikan terima kasih kepada Kim karena telah memberikan ucapan selamat dan harapan baik pada kesempatan hari kemerdekaan Suriah.

Pesan itu menyatakan keyakinan bahwa hubungan historis antara kedua negara akan tumbuh lebih kuat sejalan dengan kepentingan bersama rakyat kedua negara sahabat itu. Al Assad juga berharap kesehatan Kim yang baik dan kesejahteraan rakyat DPRK, seperti dikutip dari CGTN, Sabtu (2/5/2020).

Kim sebelumnya mengirim pesan pada 22 April ke Al-Assad untuk mengucapkan terima kasih atas catatannya pada peringatan 108 tahun kelahiran Kim Il Sung, pendiri DPRK dan kakek dari Kim Jong Un.

Dalam pesannya, pemimpin DPRK mengatakan hubungan DPRK-Suriah yang bersahabat dan kooperatif akan tumbuh lebih kuat, menambahkan bahwa ia berharap presiden Suriah kesehatan yang baik dan kesuksesan yang lebih besar.

Kim muncul pertama kali menghadiri acara pada hari Jumat di Sunchon, dekat ibukota Pyongyang, setelah diisukan sakit keras. "Semua peserta bersorak sorai 'horeee!'" tulis kantor berita setempat.[ida]