net
net

. Persib Bandung merupakan tim yang cukup banyak menggunakan tenaga pemain naturalisasi. Dalam situs resmi mereka, disebutkan sudah tujuh pemain dengan status alih kewarganegaraan yang bergabung dengan Persib, siapa saja?

Tren Naturalisasi sendiri dimulai pada era AFF 2010, saat itu ada sosok Cristian Gonzales yang cukup fenomenal di Timnas dan nyaris membawa Indonesia juara. Dia striker Persib sejak 2009 sampai 2011. Namun, Maung Bandung belum berhasil meraih prestasi tinggi di Liga meskipun sudah diperkuat pemain naturalisasi.

Setelah Gonzales, ada Sergio Van Dijk. Pemain asal Belanda yang sempat dijuluki Robocop itu bergabung pada musim 2013 dengan mencatatkan 21 gol. Dia resmi menjadi WNI pada 2012. Paspor Indonesia membuat Van Dijk bisa mulu smerumput di Liga Iran dan Thailand.

Selain Van Dijk, ada nama Kim Jeffrey Kurniawan. Gelandang yang sebelumnya berada di Jerman tersebut mendapatkan status WNI pada 6 Desember 2010. Dia sampai hari ini masih ada di Persib setelah bergabung sejak musim 2016.

Kemudian, saat Kim masih di persib bergabung sosok Raphael Maitimo. Dia masuk pada musim 2017, Kekasih Agnez Mo ini mendapatkan status WNI sejak 2012 lalu, dia juga sempat memperkuat Indonesia di Piala AFF 2012.

Usai nama Maitimo, ada beberapa pemain selain Kim yang bergabung dengan Persib. Salah satunya ialah Victor Igbonefo. Pemain yang asli Nigeria itu mendapatkan status sebagai WNI pada Oktober 2011. Igbonefo merupakan pemain Persib pada musim 2018, dia lantas main di Liga Thailand pada tahun 2019. Di 2020, dia kemudian kembali berseragam Maung Bandung.

Rekan setim yang naturalisasi juga dari Igbonefo ialah Esteban Vizcarra. Dia mendapat status naturalisasinya pada 2018 lalu. Kini, pemain yang berasal dari Argentina itu masih berkostum Persib sejak bergabung pada 2019 lalu.

Pemain naturalisasi lain yang ada di Persib dan menjadi pemain naturalisasi ketujuh Maung Bandung ialah Fabiano Beltrame. Dia menjadi WNI pada Desember 2019 lalu. Pria asal Brasil tersebut memperkuat Persib sejak 2019, namun tak bisa tampil karena masih berstatus pemain asing. Setelah paspor WNI-nya terbit, sejak 2020 lalu dia akhirnya bisa main dengan Persib Bandung.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here