Pelatih Bali United Stefano Cugurra Teco/net
Pelatih Bali United Stefano Cugurra Teco/net

. Pelatih Bali United Stefano Cugurra Teco, menyarankan pemain Indonesia berani mengambil peluang tampil di luar negeri. Tujuannya, untuk bisa meng-upgrade kemampuan sehingga membantu meningkatkan kualitas Timnas Indonesia.

“Kalau dalam pandangan saya, seharusnya pemain Indonesia harus lebih banyak berani bermain bersama tim dari negara lain, ini bagus untuk pengalaman dan kemampuan mereka,” ucap pelatih asal Brasil itu di situs klub.

Teco juga menunjukkan, Indonesia sejatinya tak berbeda jauh dengan di Brasil. Dia bahkan menyebut, di Indonesia sama dengan di Brasil, banyak talenta bagus tetapi sulit menembus klub, karena itu akhirnya banyak pemain negeri Samba yang berkarir di luar, termasuk di Indonesia.

“Brasil adalah negara besar dengan banyaknya pemain bola. Ada pemain bagus, tapi tidak bisa masuk, atau bertahan lama di tim besar di Brasil, sehingga mereka memilih bermain di luar, salah satunya Indonesia. Suasana di Brasil mirip dengan Indonesia,” terangnya.

Memang, tak banyak pemain Indonesia yang merumput di luar negeri. Sekadar bermain di negeri tetangga seperti Malaysia, Singapura, ataupun Thailand, tak banyak pemain Indonesia yang mau. Padahal, itu bisa meningkatkan kemampuan mereka.

Untuk level Eropa, pemain yang banyak dibicarakan seperti Egy Maulana Vikri ataupun Witan Sulaeman, memang mampu memperkuat klub Polandia Lechia Gdansk serta klub Serbia, Radnik Surdulica.

Namun, sampai hari ini mereka belum mendapatkan jam terbang maksimal di tim utama.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here