Dikecam Trump, Tedros Dibela Para Pemimpin Afrika

Presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa, menyebut Tedros Adhanom Ghebreyesus telah menunjukkan kepemimpinan luar biasa sejak di masa-masa awal wabah virus corona.


"UA menyerukan kepada masyarakat internasional untuk bergandengan tangan mendukung upaya direktur jenderal dan seluruh keluarga WHO saat mereka memimpin upaya global untuk memerangi pandemi. Inilah saatnya untuk menunjukkan persatuan global, solidaritas, dan kerja sama," kata Ramaphosa yang juga pemimpin Uni Afrika (UA).

Dukungan ini diberikan terkait pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang menyebut Tedros bersama WHO-nya bersikap China-sentris.

Ramaphosa tidak ingin bos Organisasi Kesehatan Dunia itu dituduh begitu saja. Dukungan terhadap Tedros yang berkewarganegaraan Ethiopia itu juga diberikan oleh para pemimpin dunia lainnya.

Pemimpin Rwanda Paul Kagame mengatakan dalam cuitannya di Twitter, bos WHO memiliki kepercayaan dan dukungan penuh dari Afrika.

Sementara itu ketua Komisi UA Moussa Faki mendesak para pemimpin untuk fokus memerangi Covid-19. Menurut dia, segala masalah terkait dengan kisruh pandemi bisa diurus di kemudian waktu.

Sebelumnya, Tedros menepis pernyataan Trump bahwa WHO China-sentris dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19.

"Kami dekat dengan setiap negara, kami buta warna (tidak mementingkan golongan). Kami membuat dunia mendapat informasi tentang data, informasi, dan bukti terbaru,” ujar Tedros.[ida]