Indonesia Tambah 4 Lab-40.829 Tempat Tidur di 132 RS Covid-19

Meningkatkan kapasitas perlengkapan kesehatan menghadapi wabah virus corona (Covid-19), Kementerian Kesehatan menambah 4 laboratorium pemeriksaan Covid-19. Kini Indonesia memiliki 49 lab dari sebelumnya hanya 45.


Selain itu, sebanyak 40.829 tempat tidur di 132 Rumah Sakit (RS) Rujukan juga telah dipersiapkan oleh Kemenkes melalui Keputusan Kemenkes (Kepmenkes).

Menteri Kesehatan dr Terawan Agus Putranto menyampaikan itu pada Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi IX DPR RI, melalui telekonferensi, Kamis (2/4/2020).

"Keputusan Menkes untuk memperluas jejaring laboratorium pemeriksaan Covid-19 yang tadinya berjumlah 45 lab mejadi 49. Peningkatan kapasitas 132 RS Rujukan telah disiapkan 40.829 tempat tidur," kata Terawan.

Ia mengatakan, keputusan tersebut diambil sebagai upaya mitigasi atas potensi lonjakan kasus Covid-19 dalam negeri yang terus mengalami peningkatan.

"Ada beberapa skenario telah disusun terkait intervensi yang akan dilakukan untuk menahan laju perkembangan Covid-19 ini. (Yakni) kapastias RS, sarana prasana alat kesehatan dan kesiapan SDM (sumber daya manusia)," tuturnya.

Lebih lanjut, mantan Kepala RSPAD Gatot Soebroto itu meyakini jika skenario-skenario tadi dipersiapkan dengan matang, maka kasus Covid-19 di tanah air segera usai dan teratasi dengan baik.

"(skenario kesehatan) dapat dipenuhi, maka jumlah kasus akan melandai," demikian Terawan.[ida]