Baru PT BAU Bantu Pemkab Lahat Atasi Covid-19

Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten Lahat dalam menanggulangi penyebaran virus corona atau covid-19. Salah satunya dengan mengajak semua perusahaan yang ada di kabupaten ini, untuk memberikan bantuan bagi penanganan penyebaran virus tersebut.


Atas ajakan itu, satu perusahaan telah bersedia memberikan bantuan yakni PT Bara Alam Utama (PT BAU). Perusahaan yang bergerak pada usaha penambangan batubara ini memberikan bantuan Rp 500 juta. Bantuan itu, disampaikan secara simbolis kepada Bupati Lahat Cik Ujang, Senin (30/3/2020).

Bupati berharap bantuan tersebut akan dapat diikuti oleh perusahaan lain. Apalagi, terang Cik Ujang, bukan saja untuk bantuan kesehatan, saat ini Pemkab Lahat juga memikirkan bantuan untuk warga miskin seperti sembilan bahan pokok lantaran sejak ditetapkan darurat covid 19, roda perekonomian warga menjadi terhambat.

Disisi lain terhadap bantuan yang diberikan, Bupati meminta agar dikelola dengan baik dan jangan sampai disalahgunakan sehingga ujungnya bantuan tersebut berbuah 'petaka'.

"Niat kita bantu. Jadi uang atau bantuan yang diberikan digunakan sesuai manfaat. Saya tidak mau nanti bantuan tersebut bersenggolan dengan hukum," tegas Cik Ujang.

Wakil Bupati Lahat Haryanto menambahkan, agar dibuatkan rekening khusus untuk menampung bantuan dari perusahaan atau pihak lain sehingga bisa diawasi. Ia juga meminta agar bantuan yang diterima bisa transparan.

Kepala Teknik Tambang PT BAU Andre Wijaya mengungkapkan, bantuan tersebut sebagai bentuk dukungan pihaknya kepada Pemkab Lahat dalam menanggulangi pencegahan corona.

"Awalnya kita ingin bantu berupa peralatan. Namun kita kesulitan mencarinya seperti APD sehingga kita bantu dalam bentuk uang," katanya.

Diketahui, banyak perusahaan beroperasi di Kabupaten Lahat. Tapi sejauh ini baru PT BAU yang memberikan bantuan.[ida]