PMI Muba Siap Suplai Masker-Disinfektan untuk Masyarakat

Upaya mengantisipasi wabah virus corona (covid-19) terus ditingkatkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba). Tidak hanya itu, Palang Merah Indonesia (PMI) ikut menyikapi isu tersebut.


PMI Muba bergerak membantu Pemkab dengan menyediakan masker yang akan didistribusikan ke sejumlah wilayah dalam Muba. Selain itu, PMI juga mendistribusikan cairan pembuatan disinifektan.

PMI Muba juga terus mendukung upaya pemerintah dalam melakukan mitigasi risiko dengan menggerakkan seluruh posko dan relawan.

"Kami PMI Muba pastikan bahwa stok masker cukup dan warga tidak perlu panik secara berlebihan menyikapi virus corona ini. Dalam Minggu ini, kami telah mendistribusikan masker kurang lebih 2500 untuk wilayah Sekayu. Dan hari ini, kita distribusikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekayu, untuk kebutuhan masker di RSUD Sekayu 500 pcs tapi baru kita supply 200 pcs, nah ini akan kita bagikan secara bertahap akan kita penuhi kebutuhan tersebut," ungkap Wakil Bupati Muba sekaligus Ketua PMI Muba, Beni Hernedi, Kamis (26/3/2020).

Diterangkan Beni bahwa masker-masker yang didistribusikan tersebut, merupakan hasil bantuan dari para donatur yang telah mengirimkan ke markas PMI dalam beberapa hari terakhir.

"Selanjutnya, kita juga akan distribusikan masker ke puskesmas- puskesmas. Dan target kita, kurang lebih 7500 masker yang akan distribusikan ke puskesmas -puskesmas yang rawan dan memiliki daftar Orang Dalam Pemantauan (ODP) serta ke RSUD yang ada Pasien Dengan Pengawasan (PDP) Sekayu."terangnya.

Mulai dari kemarin, lanjut Beni, Alhamdulillah PMI Muba telah banyak mendapatkan kiriman-kiriman barang baik dari donatur yang beridentitas maupun donatur yang tidak beridentitas. PMI Muba juga nantinya akan membuat cairan disinfektan sesuai dengan anjuran WHO dan Dinas Kesehatan dimana nantinya setelah di produksi akan kita distribusikan ke puskesmas dan tempat lainya yang membutuhkan.

"Mungkin juga nanti akan kita distribusikan di wilayah-wilayah yang rawan di Muba seperti daerah perbatasan - perbatasan.Ini juga akan menjadi prioritas,"tegasnya.

Selain itu, dikatakan Beni, bahwa PMI Muba terus menjalin komunikasi dengan beberapa donatur dan perusahaan-perusahaan yang ada dalam wilayah Kabupaten Musi Banyuasin.
"Alhamdulilah, Semua perusahaan merespon dengan baik tinggal lagi saat ini prosesnya masih dalam tahap distribusi dan menyiapkan segala sesuatunya,"tukasnya.

Sementara, Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin yang juga Pelindung PMI Muba mengintruksikan kepada para Camat, Lurah, kades untuk secara masif menyampaikan informasi kepada masyarakat terkait pemahaman Corona.

Dodi juga menghimbau pentingnya menghindari penyebaran Covid-19 atau virus Corona kepada masyarakat dengan sosial distance (menjaga jarak antar manusia) serta dengan melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Hal ini, dikatakan Dodi hal ini akan terus diingatkan kepada masyarakat melalui sosialisasi, karena sangat penting bagi seluruh masyarakat. "Kurangi aktivitas diluar rumah serta gunakan masker dan ganda sanitizer jika diperlukan agar terhindar dari ancaman Covid-19," tegas Dodi.

Selain itu, Dodi juga mengajak bagi masyarakat mampu tergerak untuk berbagi serta mengulurkan bantuan bagi masyarakat yang kurang mampu dalam rangka pencegahan penyebaran wabah virus Corona melalui PMI Muba.

Bantuan donasi dari nantinya akan disalurkan berupa bantuan sembako, obat-obatan, pemeriksaan kesehatan, layanan antar jemput pasien dan penyemprotan Disinfektan serta pembagian Hand Sanitizer.

Seruan untuk bersama-sama menghadapi wabah COVID-19 lewat donasi digaungkan oleh PMI Muba. "Mari kita bantu saudara kita yang tidak mampu dari wabah covid-19, donasi melalui Bank Sumsel Babel cabang Sekayu di no rekening 14961000085 an. PMI Muba. Dan Bank BRI Cabang Sekayu di no rekening 016401001255305 an. PMI Muba,"pungkasnya.[ida]