Di Palembang, ODP Terbanyak di Kecamatan Sukarami

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang sesuai dari notifikasi Dinkes Provinsi Sumatera Selatan, hingga 25 Maret 2020 jumlah ODP di Palembang telah berjumlah 123 orang. Sebanyak 60 di antaranya sudah selesai pemantauan selama 14 hari dan dinyatakan sehat. Sisa 57 orang yang masih dalam proses pemantauan.


Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang dr Ayus Astoni yang juga Ketua Gugus Tugas percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

"Pengawasan terhadap ODP terus dilakukan oleh tenaga medis dari Puskesmas setelah mendapatkan notifikasi juga dilengkapi dengan Alat Perlindungan Diri (APD) saat akan mendatangi ke rumah/lokasi di mana yang bersangkutan berada," ungkapnya, Jumat (27/3/2020).

Ayus menerangkan, untuk 14 ODP yang pernah kontak erat dengan pasien positif Corona di Palembang yang hingga kini juga masih dipantau jarak jauh selama 14 hari dalam masa isolasi diri.

"Kita terus memperbaharui perkembangan kondisi kesehatan warga yang masuk kategori ODP," terangnya.

Ayus menerangkan, untuk saat ini Kecamatan Sukarami memiliki jjumlah ODP terbanyak. Namun masyarakat tidak perlu khawatir, karena upaya pencegahan dan pengawasan Covid-19 dimaksimalkan seperti melakukan penyemprotan disinfektan.

"Kita sudah minta petugas aktif melakukan pengawasan. Ketika mereka memiliki keluhan akan kita datangi lagi, apakah gejalanya mengarah ke virus Corona atau bukan," jelasnya," ulasnya.

Saat ini Puskesmas di Kota Palembang telah menerapkan social distancing serta mengklasifikasikan masyarakat yang berobat sesuai gejala guna mengurangi kontak fisik.

"Kita lakukan pemantauan dengan dua cara, pertama jika tidak ada riwayat perjalanan ke daerah terjangkit tentu tidak bisa juga sporadis, ataupun punya riwayat perjalanan dari daerah terjangkit tapi tidak ada kontak dengan orang tak masalah, kecuali jika sudah ada kontak dan panas akan kita pisahkan agar tak kontak dengan orang lain," tandasnya. [ida]