Cegah Penyebaran Covid-19, Pemkab Muba Pasang Wastafel Portable di Ruang Publik

Tiada kata henti bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19. Kini Pemkab memasang wastafel portable di berbagai titik di Kota Sekayu, termasuk di sekolah dan fasilitas umum (fasum) lainnya.


Dengan tempat cuci tangan di ruang publik itu, Pemkab mengajak masyarakat Muba menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Bupati Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex mengatakan, yang perlu dilakukan masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19, adalah harus rajin-rajin mencuci tangan hingga bersih. Karenanya Bupati berharap, wastafel portable supaya bisa dimanfaatkan masyarakat untuk cuci tangan.

“Fasilitas cuci tangan terus saya genjot, termasuk hand sanitizer kami siapkan di mana-mana,” kata Bupati Muba, Jumat (27/3/2020).

Menurut Dodi, salah satu kunci agar tidak terkena virus Covid-19 ini ada di tangan. Sebab, penyebaran virus ini lebih cepat menjalar melalui tangan yang kotor. Oleh karena itu, dirinya menegaskan akan terus memberikan fasilitas cuci tangan di berbagai taman dan sekolah yang ada di Kabupaten Muba.

“Ini penting, salah satunya untuk menjaga sistem imun kita, lingkungan kita harus bersih dan menerapkan pola hidup sehat,” katanya.

Sementara itu salah satu warga Kota Sekayu, Silvia (22) menyampaikan apresiasi atas kepedulian Pemkab Muba, menginisiasi pemasangan wastafle portable ini. Berharap masyarakat dapat menjaga bersama-sama wastafel ini dengan baik. Menggunakan sebaik mungkin fasilitas ini dan ikut menjaganya.

“Karena sekarang ini lagi banyak wabah virus corona, sangat baik sekali disediakan tempat cuci tangan begini, sehingga kami masyarakat umum tidak kesulitan untuk cuci tangan saat berkunjung ke taman misalnya. Jadi kita bisa memanfaatkan wastafel ini sebaik mungkin. Semua untuk kebaikan warga Kota Sekayu khususnya,” pungkasnya.[ida]