Walikota Palembang masuk bili streilisasi/rmolsumsel
Walikota Palembang masuk bili streilisasi/rmolsumsel

. Walikota Palembang, Harnojoyo meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dan seluruh pusat pelayanan di kota pempek ini, menyediakan sterilization chamber atau bilik sterilisasi seperti yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palembang.

Hal itu harus dilakukan, mengingat kondisi Kota Palembang saat ini, sudah masuk status siaga darurat, pencegahan Coronavirus Disiase 2019 (Covid-19) di Kota Palembang.

“Kita minta semua tempat umum khususnya perkantoran menyediakan bilik sterilisasi. Ini upaya kita untuk mencegah penyebaran virus corona yang saat ini sudah ditemukan ada di Kota Palembang,” ungkapnya.

Mulai hari ini, Kamis (26/3/2020), seluruh pegawai dan pengunjung Sekretariat Daerah (Setda) Kota Palembang wajib melalui bilik sterlisasi sebelum masuk kantor yang terletak di Jl. Merdeka ini.

Karena bilik sterlisasi ini akan sangat manjur melakukan penyemprotan cairan disinfektan keselurih badan. Agar tidak ada lagi virus Covid-19 yang menempel.

“Kita minta pihak swasta, bank, mall menerapkan hal yang serupa. Jadi semua kantor dan tempat pelayanan umum termasuk mall harus menyediakan alat-alat pencegahan, mulai dari bilik sterilisasi, petugas yang dilengkapi alat thermal suhu, sehingga usai melintasi bilik yang dibungkus mengunakan plastik transparan ini, orang yang usai melintas juga dapat deteksi suhu badannya,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Harnojoyo mengucapkan terimakasih kepada Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Sumatera Selatan yang telah memberikan biang cairan Disfektan yang dberikan hari ini.

“Kita mendapatkan bantuan Disinfektan dari Perhimpunan Dokter Hewan indonesia untuk dibagikan ke warga Palembang, satu botol ukuran kecil bisa dicampyr air sebanyak 200 litet air,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kota Palembang, Ahmad Bastari menyampaikan, saat ini sudah membuat desinfection chamber atau bilik sterilisasi yang akan ditempatkan di kantor-kantor Pemerintahan di lingkungan Pemkot Palembang.

“Baru ada lima bilik sterlisasi yang sudah selesai dirancang, salah satunya dua bilik sterisasi kita pasang di gedung Pemkot Palembang,” katanya.

Untuk pembuatan bilik sterilisasi ini, sendiri ini, kata Bastari sangat mudah dan murah.

“Satu bilik ini hanya butiuh biaya Rp5 juta, pihak kita juga siap memberikan pendampingan bagi pihak swasta, BUMN, BUMD dan pihak lainnya yang ingin membuat bilik sterlisasi ini,” tandasnya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here