Guna menampung lonjakan Pasien dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 di Sumatera Selatan (Sumsel), Rumah Sakit Umum Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang akan menambah 20 tempat tidur.

Wakil Ketua Tim Penyakit Infeksi Emerging (PIE) RSUP Mohammad Hoesin Palembang Harun Hudari, Kamis (26/3/2020), mengatakan bahwa hingga saat ini sudah ada tujuh pasien dalam pengawasan (PDP) yang dirawat di RSMH. Sementara satu PDP masih dirawat di salah satu rumah sakit lini kedua di Palembang, karena keterbatasan ruang isolasi di RSMH Palembang.

Satu PDP tersebut dirawat di RS lini kedua yang ditunjuk oleh pemerintah. “Perawatan pasien asal Palembang tersebut sesuai standar yang ditentukan,” ujar Harun

Namun setelah adanya penambahan ruangan yang cukup, satu pasien yang dirawat di RS lini kedua akan dipindahkan ke RSMH Palembang untuk mendapatkan perawatan lanjutan.

Saat ini kata Harun, RSMH telah memiliki lima tempat tidur di ruang Borang, rencananya akan ditambah 20 tempat tidur untuk menampung PDP yang datang dari ruang Ogan.

Terkait fasilitasnya, untuk 20 tempat tidur ditujukan bagi PDP tanpa pneumonia (radang paru), sedangkan lima tempat tidur di ruang Borang ditujukan bagi PDP dengan pneumonia.

“Di ruang Borang akan dijadikan sebagai mini ICU dan akan dilengkapi dengan alat ventilaror,” kata Harun.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19, Sumatera Selatan, Zen Ahmad mengatakan, dengan luasnya daerah transmisi lokal, maka penanganan PDP dan ODP semakin ditingkatkan.[ida]

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here