Upaya terus dilakukan agar tidak terjadi penyebaran Covid-19. Tidak hanya fasilitas umum dan perkantoran, rumah dinas Wakil Bupati Muara Enim pun jadi sasaran penyemprotan cairan disinfektan.

Penyemprotan ini dilakukan oleh pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Darussalam, Kelurahan Air Lintang, Kecamatan Muara Enim siang tadi, Rabu (25/3/2020) secara swadaya. Mereka melakukan penyemprotan untuk membasmi virus maupun kuman di lingkungan sekitar Air Lintang. Tak terkecuali rumah dinas Wakil Bupati, Kapolres, Kajari termasuk juga kediaman Dandim 0404 Muara Enim.

Ketua Karang Taruna Darussalam Muhammad Anderi mengatakan, penyemprotan ini merupakan inisiatif Pemuda Darussalam. Pihaknya merasa terpanggil untuk ikut serta dalam upaya pencegahan dan penanganan dalam Status Darurat Bencana non-Alam Covid-19.

Anderi menjelaskan, cairan disinfektan tersebut merupakan hasil racikan Karang Taruna Darussalam yang telah sesuai dengan arahan atau standar Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim. Untuk alat pelindung diri dan peralatan penyemprotan, mereka difasilitasi oleh Dinas Pertanian Kabupaten Muara Enim.

Sementara itu Plt Bupati Muara Enim H Juarsah mengapresiasi inisiatif para pemuda Karang Taruna Darussalam. Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu contoh kepedulian, dan partisipasi seluruh masyarakat terutama anak-anak muda dalam menyikapi kondisi siaga darurat bencana non-alam Covid-19.

Ia berharap kegiatan yang dilakukan Pemuda Darussalam ini dapat diikuti oleh Karang Taruna ataupun organisasi kepemudaan lainnya di Kabupaten Muara Enim, baik di tingkat desa/kelurahan, kecamatan maupun kabupaten.

“Daripada berkumpul untuk kegiatan yang tidak produktif, lebih baik ikut serta melakukan hal-hal yang positif, seperti yang dilakukan Karang Taruna Darussalam ini”, jelas Plt. Bupati Muara Enim. Baginya, pencegahan dan penanganan ini tidak dapat diselesaikan oleh pemerintah saja tapi harus didukung oleh seluruh lapisan masyarakat.[ida]

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here