Seperti telah diprediksi sebelumnya, Olimpiade Tokyo 2020 akhirnya benar-benar ditunda. Penundaan ini tak lain karena Pandemi Virus Corona Baru 2019 (Covid-19). Sebagaimana diumumkan PM Jepang Shinzo Abe, bukan hanya Olimpiade Tokyo 2020 melainkan juga Paralimpiade diundur.

Langkah ini diambil setelah Abe mencapai kata sepakat dengan Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach, Gubernur Tokyo Yuriko Koike, Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga, Presiden Komite Penyelenggara Tokyo 2020 Yoshiro Mori dan Menteri Olimpiade Seiko Hashimoto.

Penundaan terpaksa dilakukan hingga setidaknya hingga musim panas tahun depan. Penundaan ini dilakukan di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 yang saat ini tengah terjadi di lebih dari 150 negara dan wilayah di dunia.

Dikabarkan Japan Times, meskipun penundaan akan memicu kerugian finansial yang besar bagi Jepang, namun keputusan tersebut harus dibuat demi keamanan dan keselamatan banyak pihak di tengah pandemi ini.

Sementara itu dikabarkan Channel News Asia, Jepang telah meminta penundaan satu tahun Olimpiade Tokyo 2020 di tengah pandemi Covid-19 dan Komite Olimpiade Internasional telah setuju.

“Saya mengusulkan untuk menunda sekitar satu tahun dan presiden (IOC) Bach merespons dengan persetujuan 100 persen,” kata Abe.[ida]

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here