Umat Hindu merayakan Hari Raya Nyepi besok, Selasa (24/3/2020), di mana Gubernur H Herman Deru meminta umat Hindu berdoa bagi keselamatan bangsa, dan wabah Covid-19 segera berlalu

Hal itu disampaikan Gubernur saat menerima audiensi Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Sumsel IGB Surya Negara di ruang tamu Gubernur, Senin (23/03/2020).

“Kita tidak melarang kegiatan keagamaan. Namun selama pandemi Covid 19 ini, harus disikapi dengan berbesar hati. Sebagai pencegahan terbaik kegiatan yang melibatkan massa ditunda dulu. Berlaku bagi seluruh agama. Peristiwa ini tragedi yang menyulitkan umat manusia. Saya minta jadikan Nyepi sebagai momen memanjatkan doa bagi umat Hindu untuk keselamatan umat manusia”, kata Gubernur.

Dalam kesempatan itu, Gubernur mengimbau agar selama masa sulit ini seluruh pemuka agama dapat tetap berprasangka baik, dalam menghadapi situasi yang berdampak pada segala lini kehidupan baik pertumbuhan ekonomi maupun dunia pendidikan.

“Saat perang dunia terjadi, kita berperang dengan siasat. Saat ini kita tidak tahu dengan siapa kita berperang”, imbuhnya.

Gubernur juga menyampaikan ucapan selamat hari raya Nyepi kepada seluruh umat Hindu Sumsel, sekaligus berharap meski di tengah wabah Covid 19 tidak mengurangi kekhusyukan umat Hindu dalam merayakannya.

Sedangkan Ketua PHDI Sumsel IGB Surya Negara mengatakan secara seremonial rangkaian kegiatan hari raya Nyepi tetap dilaksanakan namun tidak melibatkan umat dalam jumlah yang banyak. “Kami telah membuat edaran bagi umat Hindu agar saat Nyepi nanti berdoa untuk keselamatan semua umat agar wabah Covid 19 tak berlangsung lama”, tuturnya.

Surya Negara juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Gubernur Herman Deru yang memperhatikan umat Hindu di Sumsel serta mendoakan keselamatan dan kesehatan bagi HD dan berharap HD tetap amanah selama memimpin Sumsel.[rel/ida]

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here