Masyarakat Indonesia diminta tidak panik jika merasa tertular atau takut terinfeksi virus corona baru (Covid-19). Sebab ada banyak kanal yang disediakan Pemerintah guna menemukan solusinya.

Demikian dikemukakan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Baru (Covid-19) Achmad Yurianto, yang kembali mengimbau masyarakat tidak panik jika merasa terjangkit.

Sebab, katanya, pemerintah telah menyiapkan banyak kanal dan kebijakan yang siap memberikan pelayanan kesehatan.

“Kami berharap masyarakat bisa mehamahami bila merasa sakit atau tertular oleh orang lain, maka disarankan menghubungi fasilitas kesehatan mana pun,” ucap Achmad Yurianto di Gedung Graha BNPB, Jalan Pramuka Raya, Matraman, Jakarta Timur, Senin (23/3/2020).

Saat menghubungi fasilitas kesehatan, masyarakat bisa berkonsultasi terkait sakit yang dideritanya, serta meminta bantuan darurat jika diperlukan. Karena belakangan muncul rumor tentang penggunaan obat klorokuin dan avigan yang disebut-sebut bisa mencegah penularan virus corona.

Padahal, diterangkan Achmad Yurianto, kedua obat tersebut hanya digunakan untuk penanganan medis kepada pasien yang sudah dinyatakan positif terjangkit corona. Sehingga penggunaannya diresepkan dan diawasi oleh dokter.

“Oleh karena itu jangan membuat keputusan sendiri meminum obat untuk melakukan kegiatan yang diyakini bisa menyembuhkan atau mencegah. Ini padahal belum terbukti secara ilmiah,” papar Sekretaris Direktorat Jendral Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan ini.

“Karena itu, mari sama-sama kita rasional dan manfaatkan seluruh fasilitas yang ada di negara baik secara langsung ataupun secara virtual,” demikian Achmad Yurianto.[ida]

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here