Kalau Sedang Demam, Jangan Dulu ke Tempat Ibadah

Sehubungan penyebaran wabah virus corona, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi meminta umat-umat beragama untuk rajin-rajin membersihkan tempat ibadah.


"Sebagai ikhtiar kita mencegah penyebaran Covid-19, saya ajak umat untuk bersama-sama melakukan aktivitas bersih-bersih rumah ibadah," kata Fachrul Razi usai menjadi pembicara utama seminar Pra Muktamar Muhammadiyah ke-48, di FKIP UHAMKA, Ciracas, Jakarta Timur, Sabtu (14/3).

Pembersihan itu dilakukan dengan menyemprotkan cairan disinfektan secara menyeluruh, terutama di perlengkapan-perlengkapan yang ada di tempat ibadah.

"Gulung dan bersihkan semua karpet yang ada di rumah ibadah. Semprot ruang peribadahan dengan disinfektan," sambung Menag.

Fachrul Razi juga mengimbau agar masyarakat untuk sementara waktu tidak melakukan kontak fisik dalam bentuk jabat tangan, berpelukan dengan menempelkan pipi (cipika-cipiki), dan aktifitas kontak fisik lainnya.

Hal ini dilakukan dalam rangka saling menjaga dan membatasi potensi penyebaran Covid-19. Dan kepada para pengurus rumah ibadah juga agar melakukan upaya-upaya preventif pencegahan penyebaran Covid-19.

Selain melakukan penyemprotan disinfektan, juga menyiapkan sabun di tempat yang mudah dijangkau, misalnya tempat mengambil air wudlu, toilet, dan lainnya. Jika memungkinkan, pengurus rumah ibadah bisa menyiapkan alat deteksi tubuh bagi jemaah.

"Jamaah yang sedang mengalami demam, batuk, dan flu, disarankan tidak memasuki rumah ibadah demi kenyamanan dan kesehatan jamaah lainnya," demikian Fachrul Razi.[ida]