#SpeakUpForLove untuk Pasangan Indonesia

RMOL. Pasta gigi Closeup meluncurkan kampanye #SpeakUpForLove di Jakarta, Kamis (5/3/2020). Hadir di kesempatan itu Pingkan Rumondor, M.Psi seorang psikolog klinis, serta pasangan selebritas selebritas Natasha Rizky dan Desta Mahendra.

Fiona Anjani Foebe, Head of Marketing Oral Care PT Unilever Indonesia mengatakan kampanye ini hadir di tengah fakta banyak pasangan muda di Indonesia yang masih menghadapi berbagai tantangan di tengah hubungan yang sedang mereka jalani.


Melalui berbagai aktivitas, Closeup akan mengajak sebanyak mungkin anak muda menyuarakan isi hati dalam memilih dan memperjuangkan hubungan cinta mereka. Indonesia, katanya, adalah bangsa yang kolektif. Salah satu buktinya adalah tingginya jumlah pernikahan endogami (pernikahan antara suku atau kekerabatan yang sama).

Data Badan Pusat Statistik 2010 menunjukkan 89,3% pasangan di Indonesia menikah secara endogami. Di balik fakta tersebut, banyak dari pasangan ini mengalami masalah yang disebabkan oleh alasan fundamental seperti pandangan hidup yang tidak sejalan atau argumen yang berkelanjutan.

"Artinya, persamaan latar belakang tidak menjamin persamaan pandangan hidup," katanya.

Closeup percaya kebebasan untuk memilih pasangan yang sejalan dengan pandangan hidup tanpa terbelenggu pada batas-batas konvensional seperti persamaan suku, latar belakang sosial, atau selisih usia yang dipandang ideal adalah hak setiap manusia.

Sehingga, mereka dapat mengungkapkan cinta dengan percaya diri, serta bebas dari keraguan akan penilaian dari orang lain.

Oleh karena itu, Closeup berkomitmen untuk menghilangkan stereotype dari makna kedekatan, dan secara nyata mendukung anak muda dalam merealisasikan kedekatan dengan orang yang sejalan dengan pandangan hidupnya. [ida]