Internet Telkom Gangguan Massal Se-Indonesia, Imbas Pernyataan Erick Thohir Kah?

Pelanggan layanan data internet dari Telkom Indihome wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dilaporkan mengalami gangguan sejak pukul 11.00 wib, Selasa (25/02).


Hal tersebut mengakibatkan para pelanggan internet di wilayah ini kesulitan mengakses situs web, layanan chatting, hingga berselancar di sosial media.

Portal ini sempat menggali informasi dari pihak Telkom Baturaja, di nomor telepon (0735) 321600.

Dalam percakapan sesaat tadi, seorang pria yang mengangkat telpon portal ini mengakui adanya gangguan internet tersebut.

"Ya. Pak ini gangguan massal se Indonesia. Sejak pukul 11.00 wib tadi," beber pria di ujung telpon.

Si pria tadi mengaku tidak tahu apa yang menjadi penyebab gangguan ini. "Kami kurang tahu jelasnya pak. Kami disini hanya sebagai pengamanan," imbuhnya.

Ia pun menghimbau warga yang ingin bertanya, untuk dapat datang langsung ke bagian pelayanan Plaza Telkom Baturaja.

Secara terpisah, warga Baturaja menduga gangguan ini terjadi lantaran gaduh dari pernyataan Erick Thohir ihwal Telkom dan Telkomsel.

Maksudnya? Dijelaskan Saipul, bahwa belakangan ini mencuat sindiran Menteri Badan Usaha Milik Negera (BUMN) Erick Thohir yang menyoal kinerja PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) yang kurang moncer.

Kata Saipul, yang mengutip link berita dari https://www.alinea.id/bisnis/rahasia-di-balik-gaduh-erick-thohir-ihwal-telkom-telkomsel-b1ZIh9rCb, bahwa Erick Thohir menyebut Telkom sebagai induk terlalu bergantung kepada anak usahanya, PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel). Dimana nyaris 70 persen penghasilan Telkom, disumbang oleh Telkomsel.

"Ya. Bisa saja ini dampak statemen tersebut. Ini menteri BUMN lho yang ngomong. Sehingga mungkin ada potensi kekecewaaan dari Telkom yang menjadi objek yang dikritisi. Sekali lagi, ini asumsi saja mudah-mudahan salah. Sebab dari pihak Telkom sendiri, ketika kami konfirmasi mengaku tidak tahu penyebabnya," tandasnya.