Tak Mau Menunda, Mahathir Langsung Letakkan Jabatan

RMOLSumsel. Baru beberapa jam lalu diputuskan, PM Mahathir Mohammad akan terus memegang jabatannya hingga Pertemuan APEC di Kuala Lumpur, November 2020. Tapi Mahathir justru telah menyatakan mengundurkan diri siang ini, Senin (24/2/2020).


Mahathir menyerahkan surat pengunduran diri dari jabatan perdana menteri kepada Yang di-Pertuan Agong Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah, di Kuala Lumpur siang ini.

Dilansir JPNN.Com bahwa pernyataan resmi Kantor Perdana Menteri Malaysia menyebutkan, Mahathir Mohamad telah menyampaikan surat peletakan jabatan tersebut pada pukul 13.00 waktu setempat.

Sebelumnya pada Senin pagi, Presiden Partai Keadilan Rakyat (PKR) Anwar Ibrahim, Wakil Perdana Menteri Wan Azizah Wan Ismail dan Ketua DAP Lim Guan Eng telah bertemu Mahathir Mohamad di kediamannya di Seri Kembangan. Pada jam 14.00, Anwar Ibrahim bakal diterima Al-Sultan di Istana Negara.

Menurut informasi yang dihimpun, peletakan jabatan tersebut diduga berkaitan dengan pergolakan politik yang terjadi dalam koalisi Pakatan Harapan (PH) sejak musyawarah Majelis Presiden Jumat lalu.

Pada Minggu malam, pimpinan partai politik Koalisi Pakatan Harapan pendukung Mahathir mengadakan pertemuan dengan partai oposisi Koalisi Barisan Nasional (BN) namun tidak ada pernyataan resmi setelah pertemuan tersebut.

Padahal, sehari sebelumnya, Majelis Presiden Pakatan Harapan telah memutuskan Mahathir akan memimpin sampai pertemuan APEC November 2020 mendatang lalu menyerahkan jabatan perdana menteri kepada Anwar Ibrahim. [ida]