Penyu Raksasa Terdampar di Pantai Tanjung Pakis

Seekor penyu raksasa dalam kondisi hidup ditemukan terdampar di sekitar Pantai Tanjung Pakis Kecamatan Pakisjaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.


Menurut saksi mata, Warca (47), penyu berukuran besar itu terlihat naik ke pantai Rabu malam (19/2) sekitar pukul 21.00 WIB. Penyu tersebut memiliki panjang lebih dari satu meter dengan bobot sekitar 100 kg.

“Tiba-tiba mendarat dan naik sendiri dari laut ke Pantai Tanjung Pakis,” ujar Warca kepada Kantor Berita RMOL.

Menurutnya, penyu berwarna hitam itu masih dalam kondisi hidup. Hewan yang dilindungi itu menjadi tontonan warga sekitar.

Menurutnya, penyu berwarna hitam itu masih dalam kondisi hidup. Hewan yang dilindungi itu menjadi tontonan warga sekitar.

Hingga kini belum ada warga yang melaporkan kejadian itu kepada BKSDA. ”Warga masih merasa bingung sendiri” kata Warca yang juga Ketua Karang Taruna Desa Tanjung Pakis.

“Warga semakin ramai berdatangan, pada ingin melihat langsung penyu raksasa,” ujarnya.

Untuk sementara dia dan warga hanya memberikan air di sekitar penyu itu agar tak mengalami dehidrasi. Di sisi lain, Warca juga mengaku khawatir akan keselamatan penyu raksasa itu. Pasalnya, banyak masyarakat berebut ingin memegang penyu raksasa itu.

“Karena memiliki batok yang keras berwarna kehitaman mengkilat, dan sangat indah bila melihat dari dekat warna serta bentuknya,” pungkasnya.